Resep: Sambal Oncom Nikmat

Sambal Oncom. Resep Sambal Oncom - Salah satu resep khas nusantara yaitu sambal atau sambel. Sambal Oncom Recipe - One of the typical recipes of the archipelago, namely chili or chili sauce. This recipe originates from Bandung, West Java.

Sambal Oncom Have a goodtime listening and thx. for your support. dj.chicoco. Sambal is an Indonesian chili sauce or paste typically made from a mixture of a variety of chili peppers with secondary ingredients such as shrimp paste, garlic, ginger, shallot, scallion, palm sugar. Akhirnya sambal oncom siap disajikan bersama nasi hangat. sampeyan bisa mencoba belajar memasak Sambal Oncom menggunakan 13 bahan dan 5 langkah. ini cara engkau membuat.

Berikut bahan Sambal Oncom

  1. berikut 300 gr oncom.
  2. kamu butuh 100 gr tempe.
  3. berikut 75 gr daun kemangi.
  4. menyiapkan Bumbu-bumbu:.
  5. menyiapkan 100 gr bawang merah.
  6. kamu butuh 50 gr cabe rawit merah.
  7. menyiapkan 50 gr cabe merah keriting.
  8. berikut 30 gr kencur.
  9. kamu butuh 300 ml air.
  10. kamu butuh 1/2 sdm garam.
  11. kamu butuh 1 sdt merica bubuk.
  12. berikut 1 1/2 sdm gula pasir.
  13. kamu butuh 1 sdm kaldu jamur.

Apalagi dengan tambahan lalaban sayur dan jengkol. Itulah resep sambal oncom yang bikin nafsu makanmu bertambah. Sambal oncom juga bisa jadi isian combro. Sambal ini cocok dinikmati dengan nasi uduk, ayam goreng.

berikut petunjuk cara mengolah Sambal Oncom

  1. Bakar oncom dan tempe hingga matang, lalu uleg kasar, sisihkan..
  2. Iris bawang merah, sisihkan. Uleg cabe dan kencur, sisihkan..
  3. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bawang merah, tumis hingga harum. Kemudian masukkan ulekan cabe ke dalamnya, aduk rata dan masak kembali hingga harum dan matang..
  4. Tuang air ke dalam tumisan bumbu, beri garam, merica, gula pasir dan kaldu jamur, aduk rata. Lakukan tes icip, bila rasanya sudah pas, masukkan oncom, aduk rata dan masak hingga air terserap. Matikan api, diamkan sebentar..
  5. Masukkan daun kemangi ke dalam sambal oncom yg sdh matang, aduk hingga tercampur rata. Sambal oncom siap disajikan..

Dan sambal oncom kali ini telah selesai kita buat, anda dapat menghidangkannya dimeja makan sebagai sambal pelengkap untuk disantap dengan makanan dan lauk yang akan anda santap kali ini. Resep sambal oncom merupakan salah satu jenis makanan tradisional khas Jawa Barat yang rasanya mirip dengan tempe akan tetapi yang. Oncom (Aksara Sunda Baku: ᮇᮔ᮪ᮎᮧᮙ᮪) adalah makanan asal Indonesia yang terutama populer di Jawa Barat. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang, mirip dengan pengolahan terhadap tempe. Sambal oncom populer di daerah Jawa Barat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana memasak Sambal oncom pedas Lezat

Resep: Sambel Oncom Nikmat

Bagaimana mengolah Sambal Oncom Kering (60) Gurih