Resep: Sangu/Nasi Tutug Oncom Nikmat

Sangu/Nasi Tutug Oncom. Nasi tutug oncom or sometimes simply called tutug oncom, is an Indonesian style rice dish, made of rice mixed with oncom fermented beans, originally from Tasikmalaya, West Java. It is usually wrapped in banana leaves and served with various side dishes. Yuk simak dulu resep, bahan dan caranya disini.

Sangu/Nasi Tutug Oncom Nasi campur oncom khas Sunda ini biasanya disajikan dengan lalapan, sambel, dan lauk seperti tahu/tempe goreng, ikan asin, atau ayam goreng. Jadi, nasi tutug oncom adalah nasi yang dicampur dengan oncom. Tapi oncomnya diolah dulu ya, biasanya sih dibakar atau digoreng dulu, baru deh ditumbuk. engkau bisa mencoba belajar membuat Sangu/Nasi Tutug Oncom menggunakan 14 bahan dan 4 langkah. ini cara Kita mengolah.

Berikut bahan Sangu/Nasi Tutug Oncom

  1. berikut Secukupnya nasi pulen.
  2. kamu butuh Bahan Tutug Oncom :.
  3. kamu butuh 1 papan oncom pasir reungit Sumedang/oncom Bandung/ Oncom hitam (yg terbuat dari kacang), iris oncom lebih tipis dan potong potong lebih kecil, sisihkan.
  4. berikut 5 siung bawang merah.
  5. menyiapkan 2 siung bawang putih.
  6. berikut 2 buah cabai merah keriting.
  7. berikut 3 buah cabai rawit merah/cabai setan.
  8. berikut 2 ruas jari kencur, kupas.
  9. berikut secukupnya asam jawa.
  10. menyiapkan Pelengkap :.
  11. kamu butuh tahu tempe goreng.
  12. menyiapkan ikan asin goreng.
  13. kamu butuh sambal-lalap.
  14. menyiapkan kerupuk.

Untuk lebih jelasnya, kita simak pembahasan tentang kuliner unik ini ya. Nasi Tutug Oncom Berasal Dari Mana? Ketika mengkonsumsi nasi tutug oncom, perpaduan rasa gurih, asin, dan pulen akan semakin terasa di lidah. Terutama apabila oncom pecah di Sambal nasi tutug oncom ini dikenal oleh masyarakat Sunda sebagai "goang".

berikut petunjuk cara memasak Sangu/Nasi Tutug Oncom

  1. Cara membuat tutug oncom : garang potongan tipis oncom dalam wajan anti lengket dengan api kecil sampai kering coklat kehitaman dan crunchy (lumayan lama prosesnya), lalu tumbuk oncom yang sudah digarang tadi sampai berbutir-butir, sisihkan.
  2. Garang dalam wajan anti lengket dengan api sedang bumbu yg nanti akan dihaluskan sampai sedikit lunak dan permukaannya sedikit kehitaman. Kemudian ulek semua bumbu yg sudah digarang tadi bersama asam jawa sampai agak halus, beri garam dan gula.
  3. Setelah itu masukan sedikit-sedikit oncom yg tadi sudah ditumbuk sambil terus diulek sampai menyatu rata dengan bumbu, tes rasa ya. Tutug oncom siap digunakan, simpan dalam wadah kedap udara/toples.
  4. Cara membuat sangu tutug oncom : campur rata secukupnya nasi panas dan secukupnya tutug oncom, sajikan bersama lauk pelengkapnya.

Ikan asin serta tempe dan tahu juga tidak boleh terlewat dari menu nasi. Nasi Tutuk Oncom atau orang Sunda menyebutnya dengan Sangu Tutug Oncom, yang disingkat dengan T. O, Adalah sajian Nasi yang diaduk dengan oncom goring atau oncom bakar. Nasi Tutuk Oncom paling enak apabila disajikan dalam keadaan hangat. Di Jakarta dan Kota-Kota lain, ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana memasak Sambal oncom pedas Lezat

Resep: Sambel Oncom Nikmat

Bagaimana mengolah Sambal Oncom Kering (60) Gurih